My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

“1001 Fakta Unik Laut”, dari Mahasiswa untuk Masyarakat

24 Juni
11:08 2010
“1001 Fakta Unik Laut”, dari Mahasiswa untuk Masyarakat

Bandung – Mahasiswa ilmu kelautan Universitas Padjadjaran membuat buku berjudul “1001 Fakta Unik Laut” yang merupakan hasil kompilasi tulisan para mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad angkatan 2008 dengan bimbingan dosen Noir Primadona Purba.

Noir Primadona Purba, seperti dikutip laman Unpad.ac.id, Kamis (24/6), mengatakan buku itu disusun berdasarkan tantangannya terhadap mahasiswa dalam mata kuliah oseanografi untuk membuat semacam buku yang menjawab berbagai pertanyaan masyarakat awam berkenaan dengan fenomena di laut.

Menurut Noir, ia berharap mahasiswa dapat menghasilkan suatu produk, baik berupa buku, film, instrumen, maupun alat penelitian.
Selama satu bulan proses pengerjaan buku itu, Noir dibantu 70 mahasiswa dan dua dosen yang bertugas sebagai kontributor. Tema pertanyaan yang diangkat pada buku itu antara lain berhubungan dengan fisika laut, biologi laut, dan oseanografi.

Satrio dan Christon, mahasiswa yang mendapat tugas mengedit dan menata tampilan buku itu mengatakan, proses penyusunan buku dikerjakan di sela-sela kuliah dan ujian akhir semester.

Secara teknis mahasiswa yang diberi pertanyaan kemudian diminta mencari jawabannya dari berbagai sumber yang kemudian diperiksa dan disunting ulang oleh dosen.

Satrio mengatakan penyusunan buku ini sempit karena dikerjakan di sela-sela tugas kuliah yang cukup banyak dan persiapan ujian akhir semester.

Buku itu rencananya akan diperbanyak dan dibagikan gratis kepada perpustakaan SMP, SMA dan instansi terkait untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang berbagai fenomena di laut.

“1001 Fakta Unik Laut” belum mencapai 1001 hal. Noir menjelaskan bahwa buku edisi pertama itu rencananya memang akan dilanjutkan mahasiswa jurusan yang sama angkatan berikutnya dalam edisi-edisi selanjutnya hingga mencapai 1001.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS